Senin, 26 Januari 2015

makanan beras ketan

beras ketan adalah jenis beras yang tumbuh diasia tenggara dan asia timur. di indonesia banyak sekali pangan yang terbuat dari beras ketan diseluruh daerah. panganan ini sangat digemari dan disukai oleh masyarakat. saya akan menjelaskan sedikit beberap makanan yang terbuat dari ketan.

1. bubur ketan hitam

 bubur ketan hitam adalah sebuah makanan penutup. bubur ini mempunyai cita rasa yang manis yang terbuat dari ketan hitam yang direbus hingga lunak. makanan ini disajikan dengan santan. bahan utama ialah beras ketan hitam,gula merah daun pandan,dan santan kelapa.

2. lemang

  lemang adalah makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. gulungan daun bambu berisi tepung beras dicampur sanatn kelpa kedalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang.

3.lemper

  lemper adalah sebangsa pangan makanan yang terbuat dari ketan dan biasanya diberi isian abon atau cincangan ayam, dan terbungkus daun pisang.silahkan mencoba panganan ini.

4. lupis

   lupis adalah makanan indonesia terutama jawa. lupis adalah kue mans yang terbuat dari beras ketan. dengan menambahkan kemanisannya yaitu adanya kelapa parut dan gula aren.

5. tape ketan hitam

 makanan ni sangat sulit ditemui untuk sekarang namun biasanya masyarakat sunda membuat peuyeum disaat-saat tertentu. peyeum ini rasanya manis. makanan ini terbuat dariketan hitam yang difermentasikan dengan ragi.

6. wajik

  wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudiaan dimasak dengan campuran santan dan gula aren hingga berminyak dan terasa lembut. gula merah yang digunakan akan membuat waji menjadi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar