Selasa, 13 Januari 2015

masakan petis

petis adalah komonene dalam masakan indonesia dari produk sampingan dari makanan berkuah yang dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental. biasanya petis terbuat udang atau kupang. biasanya petis banyak jadi bahan penyedap pada masakan jawa. saya akan menjelaskan beberapa makanan yang menggunakan petis.

1. rambak petis

  rambak petis adalah makanan khas jawa yang dibuat dari kulit sapi yang digoreng kering. makanan ini disajikan saus dari kecap manis dan petis

2. rujak petis

   rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang,mangga muda,kedondong,taoge dan kangkung. siraman saus bumbu dari olahan petis,cabai,kacang tanah digoreng, bawang goreng,garam,gula merah, pisang muda dan air.

3. tahu campur

   tahu campur adalah salah satu makanan khas jawa timur. tahu campur sendiri terdiri dari sop daging sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge, selada air, mi kuning dan kerupuk udang. lalu dicampurkan kebumbu petis, bawang goreng dan sambal.

4. tahu petis

  tahu petis adalah jajanan khas kota semarang. makanan ini berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis. supaya menggugah selera tahu petis dimakan dengan cabai rawit.

5. lontong kupang

  lontong kupang adalah  makanan khas daerah jawa timur. bahan utamanya adalah kupang putih ditambahkan lentho. kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar