Minggu, 11 Januari 2015

makanan bubur

bubur ialah campuran bahan padat dan cair dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada  padatan. bubur tidak hanya terbuat dari beras tetapi juga bisa dengan bahan lainnya. bubur sangat lekat dengan masyarakat kita. bubur biasanya disantap pagi,sore,dan malam hari . saya akan menjelaskan beberapa bubur di indonesia.

1. bubur ayam

                                                       
  bubur ayam adalah salah satu jenis bubur yang terbuat dari beras. beras yang dimasakdengan air yang banyak memili tekstur lembut dan berair. penyajian bubur ayam dengan irisan daging ayam lalu ditambah kecap asin,kecap manis, merica,garam, dilengkap taburan daun bawang,bawang goreng,seledri, tongcai, dll

2. bubur kacang hijau

                                                
   bubur kacang hijau adalah makanan khas nusantara yang terbuat dari kacang hijau dimasak dengan air dan gula aren lalu ditambah santan. bubur yang manis ini tentunya sangat lezat unutk dinikmati.

3. bubur ketan hitam



                                             
  bubur ketan hitam adalah makanan penutup yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunakdisajikan dengan santan. bahan utama bubur ini adalah beras ketan hitam,gula merah,daun pandan, dan santan kelapa.

4. bubur sumsum

                                                  
  bubur sumsum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengankuah manis dari gula merah. bubur sumsum ini terbuat dari tepung beras.

5. bubur manado

                                                        
  bubur manado adalah makanan khas indonesia dari manado,sulawesi utara. bubur manado merupakan campuran berbagai sayuran,labu kuning,beras,sinkong, kangkung, jagung dan lain-lain. bubur manado disajikan dengan berbagai macam pelengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar