Minggu, 11 Januari 2015

sambal

sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan dengan ditambah dengan bahan pelengkap seperti terasi dan sebagainya. setiap orang indonesia sangat menggemari sambal dalam setiap makanannya. juga ada anggapan kalau tidak makan dengan sambal maka makan menjadi tidak nikmat.di indonesia sendiri banyak macam sambal. saya akan menjelaskan sedikit macam sambal tersebut.

1. sambal bajak

                                                    
   dalam sambal bajak, cabai yang digunakan digoreng dengan minyak yang ditambah bawang putih, terasi dan bumbu- bumbu lainnya. silakan mencoba kenikmatan sambal ini.

2. sambal belacan

                                                 
   dari namanya sambal ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan. sambal ini digabung dengan bahan lainnya seperti cumi-cumi, kangkung maupun telur.

3. sambal dabu-dabu

                                                      
   sambal dabu-dabu dari manado, sulawesi utara. sambal dabu-dabu mirip dengan saus salsa meksiko yang dibuat dari tomat, garam,basil, jeruk kasturi dan cabai

4. sambal lado
                                                

sambal ini berasal dari minangkabau. cabai untuk sambal ini digoreng dengan minyak,bawang putih,bawang merah atau bawang bombay, tomat  dan garam, jeruk nipis. sambal ini memiliki cita rasa yang sangat pedas.

5. sambal petis

                                            
   sambal merupakan campuran sambal dengan bumbu petis yang diencerkan dengan air matang. sambal ini dapat menjadi referensi untuk dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar