Rabu, 07 Januari 2015

makanan khas palembang


Di Palembang terkenal dengan makanan khas yang terbuat dari ikan. Karena sejak dulu disungai musi terdapat banyak ikan yang ditangkap dan diolah menjadi panganan. Dari satu adonan tepung tapioka dan ikan bisa menghasilkan beberapa tergantung komposisi, proses pengolahan akhir dan penyajian.saya akan menjelaskan makanan tersebut dipalembang.
  
           1.      Pempek

                                             
Pempek adalah makanan yang berasal dari kota Palembang. Pempek terbuat dari ikan dan sagu. Cara penyajian pempek ditemani saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air yang dididihkan kemudian ditambahkan gula merah,udang ebi, cabe rawit, bawang putih dan garam.

           2.    Celimpungan

                                                        
Celimpungan adalah makanan yang berasal dari sumatera selatan. Celmpungan terbuat dari ikan dan sagu. Sedangkan kuahnya terbuat dari santan dan racikan bumbu bumbu lainnya.

      3.      Laksan

                                                       
Laksan adalah makanan khas kota Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan. Laksan dibentuk dalam bentuk oval . penyajiannya dengan menggunakan kuah santan.

      4.      Model

                                                    
model  hampir sama adonannya dengan pempek kapal selam. Model diisi dengan tahu dan digoreng sebelum disaji. Penyajiannya model dihidangkan dengan kuah model  yang terbuat dari kaldu udang, dicampur bihun, timun dan ebi.

     5.      Tekwan
                                                              

Tekwan adalah hidangan sup khas kota Palembang . tekwan terbuat dari ikan dan sagu. Tekwan dibuat dengan ukuran kecil dan disajikan dengan menggunakan kuah udang yang mempunyai rasa khas. Tekwan dilengkapi dengan irisan bengkoang,jamur ditaburi irisan daun bawang, seledridan bawang goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar