Minggu, 11 Januari 2015

makanan sop

sop atau sup adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. bahannya terdiri dari daging, sayur atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. sop yang berkuah sangat enak dinikmati dengan kuah kaldu yang hangatnya yang menggugah selera. saya akan menjelaskan beberapa sop didaerah.

1. sop kikil

                                                       
   sop kikil adalah salah satu makanan khas surabaya. makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang berurat. kuahnya merupakan kaldu daging, dicampur dengan kunir,sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya.

2. sop saudara

                                          
   sop saudara adalah masakan khas sulawesi selatan. sop yang berkuah ini dengan bahan daging sapi disajikan dengan bahan pelengkap seperti bihun,perkedel kentang, jeroan sapi dan telur rebus.

3. sop buntut

                                                      
   sop buntut adalah salah satu makanan populer dikalangan masyarakat indonesia. sop ini terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi bersam irisan kentang,wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

4. sop konro

                                                  
    sop konro adalah masakan sup iga sapi khas indonesia yang berasal dari tradisi bugis dan makassar. masakan berkuah ini berwarna cokelat hitam dan ketupat yang dipotong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar