Jumat, 13 Maret 2015

masakan bandeng

Bandeng adalah  ikan pangan populer diasia tenggara. ikan bandeng biasanya di olah , di goreng, dibakar, direbus, dipindang atau diasap. ikan bandeng dengan rasanya yang gurih  dan tidak mudah hancur dimasak. tetapi kekurangannya daging berduri. saya akan menjelaskan beberapa olahan ikan bandeng di Indonesia.

1. Bandeng Presto

  Bandeng Presto adalah  masakan  khas Indonesia dari kota semarang, provinsi jawa tengah. makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui bawang putih, kunyit, garam. lalu ikan bandeng dimasak dialas daun pisang dengan cara dipresto.

2. Sate Bandeng

 Sate bandeng adalah makanan indonesia yang menjadi khas kota serang, banten. bila di cicipi sangat berbeda dengan ikan bandeng biasa. rasa daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang.

3. Otak-otak Bandeng

 Otak-otak bandeng adalah salah satu makanan khas gresik, provinsi jawa timur. rasanya gurih pedas sedangkan bahannya terdiri dari ikan bandeng, santan,telur,bumbu halus dan daun pisang untuk alas.

4. Pindang Ikan Bandeng

 Pindang Ikan Bandeng khas sumatera barat merupakan kekayaan masakan sumatera barat. bahannya terdiri dari  ikan bandeng, bawang merah, bawang putih, cabai, daun kunyit, asam kandis, serai, garam, santan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar