Rabu, 11 Maret 2015

makanan sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan dari lidi,bambu atau jeruji besi yang dibakar menggunakan bara arang kayu. sate merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia bahkan sampai kemancanegara. Di indonesia banyak sekali ragam jenis sate, namun saya akan menjelaskan beberapa jenis sate.

1. Sate Madura

  Sate ini berasal dari pulau madura, disebelah utara pulau jawa. bahan sate terdiri dari daging ayam atau daging kambing. lalu diberikan bumbu kecap manis dengan gula jawa dicampur dengan bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng, petis, kemiri dan garam.

2. Sate Padang

  makanan ini berasal dari kota padang dan daerah sekitarnya disumatera barat. Sate ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu lalu dipanggang. ciri khasnya ada pada saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih dan lain-lain.

3. Sate Lilit

  Sate ini berasal dari bali. dalam pembuatannya bahan daging dapat dipakai seperti daging ayam, sapi dan lain-lain. kemudian daging dicampur kelapa parut,santan kental,jeruk nipis, bawang merah dan merica. adonan ini lau di lilitkan tusukan bambu atau serai lalu dipanggang diatas batang arang.

4. Sate Maranggi

 Sate Maranggi adalah sate khas sunda yang ditemukan dipurwakarta,cianjur, bandung, provinsi jawa barat. bumbu sate yang digunakan terbuat dari bumbu khusus yaitu bunga kecombrang dan tepung ketan.

5. Sate Pusut


   makanan ini dari pulau lombok. makanan ini terbuat dari campuran daging cincang, kelapa parut dan bumbu. kemudian di lilitkan membungkus tusukan dan dipanggang dengan batang arangnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar