Rabu, 11 Maret 2015

makanan rujak

rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah yang diberi bumbu atau kuah. Di Indonesia baik anak kecil hingga dewasa sangat menyukai rujak. rujak mempunyai beberapa jenis. saya akan menjelaskan sedikit jenis rujak.

1. rujak cingur

  rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan didaerah jawa timur, terutama didaerah asalnya surabaya. rujak cingur biasanya terdiri dari beberapa jenis buah, lalu ditambahkan lontong, tahu tempe, bendoyo, cingur serta sayuran. lalu dicampur dengan saus bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air, gula merah, cabai kacang tanah yang digoreng garam, irisan pisang hijau muda  dan lain-lain.

2. rujak manis

  rujak manis adalah rujak buah-buahan dengan saus manis pedas dengan bahan yang terdiri dari mangga muda, kedondong, jambu, dan lain-lain. sedangkan saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah yang digoreng, cabai dan sebagainya.

3. rujak petis

   rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang dijumpai didaerah timur pulau jawa. rujak petis terdiri dari irisan timun, bengkuang,kedondong,tahu, kangkung dan lain-lain. lalu disirami saus dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda dan air.

4. rujak soto

  rujak soto adalah masakan khas banyuwangi, provinsi jawa timur.  biasanya rujak akan disajikan terlebih dahulu dengan kuah soto dengan babatnya. rasa dari rujak soto memiliki khas rasa soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar