Selasa, 16 Desember 2014

soto khas didaerah

soto adalah makanan khas indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu dan sayuran. di masyarakat indonesia sangat menggemari makanan yang satu ini. disetiap dareah mempunyai kekhasan sendiri dalam menyajikan setiap sotonya, saya akan membahas beberapa jenis soto.

1. soto madura

                                             
    soto madura merupakan soto yang berasal dari daerah madura. soto madura terbuat dari bahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge dengan bumbu ketumbar, bawang merah, bawang putih. jahe,kunir,laos,kemiri,jeruk purut dan garam secukupnya.

2. soto betawi

                                                
  soto betawi adalah makanan khas orang jakarta. soto betawi mempunyai rasa gurih perpaduan dari santan susu, daging sapi dan jeroan.

3. soto makassar (coto makassar )


                                                   
  soto ini berasal dari makassar.soto dengan bahan dasar pototngan-potongan daging sapi,jantung dan jeroan dengan aroma bumbu rempah yang khas.

4. soto lamongan
                                                
  soto ini berasal dari daerah lamongan. yang membedakan selain penggunaan soun,taoge,dan pelengkap wajib soto lainnya yaitu penambahan koya kerupuk udang.pemakaian ikan bandeng atau udang yang membuat soto semakin gurih.

5. soto banjar

                                                 
   soto banjar memiliki keunikan sendiri dalam penggunaan ayamdan beraroma harum rempah-rempah seperti kayumanis,biji pala dan cengkeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar