Selasa, 16 Desember 2014

pindang khas sumatera selatan

pindang merupakan makanan khas sumatera selatan. menu pindang yang berkuah asam , gurih ,dan pedas sangat cocok untuk lidah orang sumatera.biasanya pindang terbuat dari ikan yang banyak disungai musi, tetapi juga dapat memakai bahan tulang iga, udang dan lain-lain.saya akan menjelaskan beberapa pindang yang khas disumsel.silahkan mencobanya kalau berkunjung kekota palembang.

1. pindang meranjat
                                                   
   pindang meranjat merupakan makanan khas dari daerah meranjat. pindang meranjat memilki ciri khas terasi yang kuat. rasa asamnya yang diperoleh dari nanas dengan tingkat kepedasan yang sedang.

2. pindang tulang iga palembang
                                                             
   keunikan pada rasa khas kaldunya yang membuat pindang iga sapi enak dilidah. warna kuahnya yang menggoda dan bumbunya melekat dilidah.

3. pindang ikan pegagan

                                                
   pindang ikan pegagan berasal dari daerah pegagan.pindang pegagan lebih mirip dengan citarasa pindang meranjat. yang berbeda adalah rasa terasi yang lebih lunakdan intensitas bumbu yang sedang.

4. pindang musi rawas
                                                            
   pindang musi rawas yang berasal dari daerah musi rawas mirip pindang palembang. karena sama-sama memakai cung kediro (tomat ceri) sebagai sumber rasa asam, pindang ini banyak memakai daun kemangi lebih banyak.

5. pindang serani
                                                    

    seperti halnya pindang yang lainnya disumsel. pindang serani mempunyai rasa asam pedas dengan aroma wangi kemangi, bawang dan cabai yang enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar