Rabu, 17 Desember 2014

sajian nasi khas indonesia

nasi adalah makanan pokok bangsa indonesia bahkan negara asia lainnya. di indonesia nasi telah  disajikan dengan sedemikian rupa  . diberbagai daerah, nasi disajikan secara berbeda dan mempunyai ciri khas masing-masing. saya akan menjelaskan 5 nasi khas di indonesia yang  patut teman-teman coba untuk dinikmati.

1. nasi liwet

                                                    
   nasi liwet adalah makanan khas solo. nasi liwet mempunyai rasa yang mirip dengan nasi uduk . nasi ini disajikan dengan sayur labu siam,suwiran ayam dan areh.

2.nasi gandul

                                                        
   nasi gandul adalah makanan khas dari daerah pati,jawa tengah.nasi yang disajikan denagn kuah gandul dengan sedikit potongan. daging sapi biasanya ditambah dengan lauk yang tersedia.

3. nasi jamblang

                                                   
   nasi jamblang merupakan makanan khas dari kota cirebon,jawa barat.nasi jamblang menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi . penyajiannya dengan prasmanan dengan menu yang beragam.

4. nasi krawu

                                               
  nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah gresik, jawa timur.penyajian  dengan nasi putih dipadu suwiran daging sapi ditambah poya warna kuning serta merah dan manggut kemudian dilengkapi sambel pedas.

5. nasi kapau

                                                     
  nasi kapau adalah nasi ramas khas minangkabau sumatera barat terdiri dari nasi,sambal dan lauk pauk khas kapau,gulai sayur nangka,gulai cancang, gulai babek dan gulai tunjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar