Minggu, 28 Desember 2014

kue zaman kolonial

zaman belanda tidak hanya meninggalkan bangunannya saja,namun juga meninggalkan kuliner yang sampai sekarang tetap dipertahankan. yang akan saya bahas adalah roti dan kue yang ada sejak zaman kolonial tersebut. bila anda merasakannya, mungkin akan terbawa kezaman nostalgia.sekarang tanpa basa-basi lagi  saya langsung saja  menjelaskan lima makanan tersebut.

1. klappertart
                                                

   klappertart adalah pie khas minahasa. klappertart mempunyai isian adalah  custard dan kelapa. bahannya terdiri dari daging kelapa muda atau air kelapa, tepung,gula,susu,telur serta mentega. lalu ditaburi kacang kenari, kismis dan kayu manis bubuk.

2. cream horn


  cream horn adalah pastry berbenuk spiral kerucut dengan isi krim ditengahnya. kulit cream horn dibuat dari puff pastry atau bluderdery. sedangkan krimnya terbuat dari susu, gula ,tepung maizena, kuning telur,dan margarin.

3. poffertjes
                                                            

  pofffertjes pada awalnya dibuat dari tepung buckwheat,air dan ragi. namun sekarang mulai memakai tepung,gandum,susu dan telur. disajikan dengan tambahan topping gula dan olesan mentega.

4. roti bluder
                                            

   roti bluder adalah roti berwarna cokelat dengan permukaan bulat dan bagian bawah terbungkus cup kertas roti bluder terdiri dari variasi isian cokelat,keju, smaud beff.roti sangat enak apalagi dengan isiannya.

5. roti krenten

                                               

 roti krenten atau roti kismis dibuat dengan campuran kismis,sultana dan cincangan sukade dalam adonannya. rotinya begitu wangi dan juga tentunya sangat enak untuk dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar