Rabu, 15 April 2015

masakan ayam

 masakan berbahan dasar ayam memiliki banyak keragaman di berbagai belahan dunia. begitu juga di Indonesia olahan dengan bahan ayam banyak sekali tersebar di berbagai tempat makan. saya akan menjelaskan sedikit masakan ayam yang ada di daerah Indonesia.

1. Ayam Bumbu Rujak

  ayam bumbu rujak adalah masakan khas provinsi jawa timur. ayam bumbu rujak mempunyai cita rasa pedas dan gurih. bahan masakannya terdiri dari ayam, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, garam, gula merah, serai, santan dan bumbu yang dihaluskan.

2. Ayam Garang Asem

  ayam garang asem adalah masakan khas jawa tengah. ayam garang asem mempunyai cita rasa  masam dan gurih. bahan masakan terdiri dari air jeruk nipis, ayam, cabe rawit,  buah belimbing wuluh, garam, bumbu halus dan lain-lain.

3. Ayam Cincane

  ayam cincane adalah masakan khas provinsi kalimantan timur. ayam cincane mempunyai rasa pedas yang enak. bahan masakannya adalah ayam kampung, minyak goreng, santan, dan lain-lain.

4. Ayam Paniki

  ayam paniki merupakan masakan khas sulawesi barat. masakan ini hampir mirip dengan masakan opor ayam. bahan masakan terdiri dari ayam, garam, santan, bumbu dihaluskan, dan lain-lain.

5. Ayam Pop

ayam pop adalah masakan khas sumatera barat. bahan masakannya terdiri dari ayam,santan, bumbu bawang putih, jahe,garam, dan lain-lain. cara penyajiannya  dengan cabe merah dan sayur pucuk ubi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar